Rabu, 06 Juli 2011

Merubah panjang karakter password user di joomla

Bismillah terlebih dahulu sebelum menulis di blog ini.

Untuk framework CMS yang bernama Joomla. User biasanya untuk mengganti password minimum adalah 4 digit. Nah klo Best Practice dari buku yang pernah saya baca antara lain : CObit, ISO 27002, CISSP, CEH, dan buku tentang security, biasanya mereka menganjurkan penggunaan password minimum 8 digit yang terdiri dari huruf, angka dan spesial karakter.

Terlintas di benak saya bagaimana merubah script tsb agar menggunakan 8 digit pada framework tsb. Nah ada anak kaskuser yg membantu saya dalam memberitahukan letak script tsb dan alhamdulillah sukses ane merubah script tsb.

Untuk joomla itu sendiri menggunakan php dan java script yang menggunakan databasenya adalah MySQL. Nah kebetulan script ini adalah berbasis java script (.js). Berikut ini alamat script tsb :
\media\system\js\validate.js

Buka file validate.js tsb dan cari bagian script yang seperti ini :

        this.setHandler('password',
            function (value) {
                regex=/^\S[\S ]{2,98}\S$/;
                return regex.test(value);

Sedikit penjelasan dikit. Diman anilai default yg digunakan adalah 2. Coba anda rubah nilai 2 (dua) tsb menjadi 6 (enam). Nah pasti hasilnya minimum password yg harus diinput adalah 8 digit. Script tsb tidak akan jalan apabila plugin java script dalam browser anda dimatikan dan password tsb juga tdk bisa di submit.

Sekian dlu dan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog saya.

0 komentar: