Senin, 15 November 2010

Email Spam & Phissing

Berhubung lagi penat banget nih kepala saya, jadi keluar ide untuk menulis tentang email spam dan phissing. Untuk apa itu spam dan phissing, sebaiknya tanya mbha google biar jelasnya dan disini saya langsung bahas seperti apa email seperti itu.:

  1. Judul email tsb : selamat anda menang undian bla...bla...bla...
  2. Tolong kirimkan dana untuk fulan karena dia sedang membutuhkan uang
  3. Tolong registrasi ulang di link : www.awewe.com (misal)
pokoknya ajakan yg aneh2 gtu deh dan ingat jangan membalas email tersebut atau mengklik link yang ada pada email tersebut karena itu adalah teknik phissing untuk mencuri password email anda atau akun anda diwebsite jejaring sosial atau yg lain.

Kenapa mereka bisa mendapatkan email anda dan mengirimkan email tsb. Biasanya anda pernah registrasi pada website yang banyak spammer / hacker yang mencuri database web tersebut.

Bagaimana untuk menghindari hal tsb ? ini sedikit saya berika tips nih walau agak jadul nih :
  1. Jangan asal sembarang register pada web yang anda tidak percayakan.
  2. Buat akun email pribadi yang fungsinya hanya untuk mengirimkan email kepada sahabat, saudara, keluarga dan orang yang terpercaya banget.
  3. Akun email yg secondary atau bukan primary, baru deh anda gunain buat register2 di web apasaja seperti forum, web sosial, dll. Tapi ingat selalu jangan mencantumkan data pribadi anda yang sebenarnya. Klo saya sih email cadangan2 atau klonengan tsb saya tidak pernah memasukkan data pribadi saya sesungguhnya tapi yg saya masukkin data untuk maen2 di underground, hihihii.
  4. Oh ya klo buat email yg primary atau yg penting, usahakan masukkan juga email recovery di akun tsb, fungsinya kalo anda lupa password email primary anda dan ingin reset password, maka email akun backup tsb akan diberitahukan bahwa ada yg ingin reset / konfirmasi reset password. Nah itu fungsinya noh.
  5. Klo di yahoo atau gmail, klo masuk ke box spam, langsung curiga saja deh.
  6. Jangan mau asal klik link yang mencurigakan dan ada unsur2 nipunya.
  7. Jangan begitu mudah tergiur akan uang / alias jgn maruk, hihihii.
Segitu dulu deh dan saya contohin pic email2 spamm nih.

Contoh :
(ilustrasi 1)
(ilustrasi 2)

Nah itu contoh2 sedikit email2 bahaya tuh. Ati2 yah bro semua.

0 komentar: